Skip to main content

Input Output dan Antarmuka

Input/Output, Komunikasi antara sistem pemrosesan informasi, 
Antara komputer dan dunia luar (Manusia / sistem pengolahan informasi lain).
Input, Data yang diterima sistem
Output, Data yang dikirim sistem
Sebagai bagian dari suatu tindakan untuk "Melakukan I/O".



Subsistem Input / Output

Menyediakan mode komunikasi yang efisien antara sistem pusat dan lingkungan luar. Menangani semua Operasi Input-Output dari sistem komputer.


Perangkat Periferal
Perangkat input atau output terhubung ke komputer. Perangkat dirancang untuk membaca informasi ke dalam atau keluar dari unit memori atas perintah CPU dan dianggap sebagai bagian dari sistem komputer.

Tiga Jenis Periferal:
  ➽  Periferal Masukan:
Memungkinkan masukan pengguna, dari dunia luar ke komputer.
       Contoh: Keyboard, Mouse, dll.
  ➽  Periferal Keluaran:
Memungkinkan keluaran informasi, dari komputer ke dunia luar.
       Contoh: Printer, Monitor, dll
  ➽  Periferal Input-Output:
Memungkinkan Input (dunia luar ke komputer)
Maupun, Output (dari komputer ke dunia luar).
       Contoh: Layar sentuh dll.


Antarmuka
Batas yang dibagi antara dua komponen terpisah dari sistem komputer yang digunakan untuk komunikasi dua atau lebih komponen ke sistem.

Dua Jenis Antarmuka:
  ➽  Inteface CPU
  ➽  Antarmuka I/O

Antarmuka Input-Output
Periferal yang terhubung ke komputer memerlukan tautan komunikasi khusus untuk berinteraksi dengan CPU. Ada komponen perangkat keras khusus antara CPU dan Periferal untuk mengontrol atau mengelola transfer input-output. 

Komponen antarmuka input-output, menyediakan hubungan komunikasi antara bus prosesor dan periferal. Menyediakan metode untuk mentransfer informasi antara sistem internal dan perangkat input-output.


Mode Transfer Data Input-Output

Transfer data antara unit pusat dan perangkat I/O ditangani tiga jenis mode.
  ➽  Programmed I/O
  ➽  Interrupt Initiated I/O
  ➽  Direct Memory Access (DMA)

Programmed I/O
Instruksi I/O terprogram, Hasil dari instruksi I / O yang ditulis dalam program komputer. Setiap transfer data diprakarsai oleh instruksi dalam program.


Program mengontrol transfer data ke dan dari CPU dan Periferal. Mentransfer data I/O terprogram membutuhkan pemantauan konstan periferal oleh CPU.

Interrupt Initiated I/O
CPU tetap berada dalam lingkaran program sampai unit I/O menunjukkan siap untuk transfer data. Proses memakan waktu membuat prosesor sibuk sia-sia.

Menggunakan I/O yang dimulai Interupsi. Antarmuka menentukan bahwa perangkat siap untuk transfer data. Menerima sinyal interupsi, CPU menghentikan tugas yang sedang diproses dan melayani transfer I/O dan kemudian kembali ke tugas pemrosesan sebelumnya.

Direct Memory Access (DMA)

Menghapus CPU dari jalur dan membiarkan perangkat periferal mengelola bus memori secara langsung akan meningkatkan kecepatan transfer. Antarmuka mentransfer data ke dan dari memori melalui bus memori. Kontroler DMA mengelola untuk mentransfer data antara periferal dan unit memori.

Sistem Perangkat Keras menggunakan DMA
➤  Pengontrol Disk Drive
➤  Kartu Ggrafis
➤  Kartu Jjaringan
➤  Kartu Suara, dll.

Untuk transfer data intra chip dalam prosesor multicore. DMA, CPU memulai transfer, melakukan operasi lain ketika transfer sedang berlangsung dan menerima interupsi dari pengontrol DMA ketika transfer telah selesai.


Sinkron vs Asynchronous I/O
Sinkron I/O
 - Skema Eksekusi CPU menunggu sementara hasil I/O
Asynchronous I/O
 - I/O diproses bersamaan dengan eksekusi CPU

Komunikasi ke Perangkat I/O

CPU memiliki cara untuk meneruskan informasi ke dan dari perangkat I/O.
Tiga pendekatan untuk berkomunikasi dengan CPU dan Perangkat.

➤  Special Instruction I/O
➤  Memory-Mapped I/O
➤  Direct Memory Access (DMA)

Special Instruction I/O
Menggunakan Instruksi CPU secara khusus untuk mengontrol perangkat I/O. Memungkinkan data dikirim ke atau membaca dari perangkat I/O.

Memory-Mapped I/O
Menggunakan I/O yang memori dipetakan, ruang alamat yang sama dibagikan oleh memori dan perangkat I/O. Perangkat terhubung langsung ke lokasi memori utama tertentu sehingga perangkat I/O dapat mentransfer blok data ke dan dari memori tanpa melalui CPU.

Direct Memory Access (DMA)
Perangkat Lambat (Keyboard) menghasilkan interupsi ke CPU setiap byte  yang ditransfer. Perangkat Cepat (Hard Disk) menghasilkan interupsi untuk setiap byte. Sistem operasi menghabiskan waktunya untuk menangani interupsi.
Komputer menggunakan (DMA) untuk mengurangi Overhead.






http://news.chivindo.com/462/input-output-dan-antarmuka.html

Comments

Popular posts from this blog

SketchUp Pro 2020 v20.1.235 Full Version

BAGAS31 – SketchUp Pro 2020 v20.1.235 Full Version  merupakan software yang dirancang untuk membantu sobat membuat dan mengedit model 3D. Dengan desain tampilan yang ‘clean’ dan simple, menjadikan software ini mudah untuk digunakan. Software ini hadir dengan editor bawaan yang memungkinkan sobat mendesain objek 3D dari awal, Layout designer untuk menggabungkan model 3D serta Style Builder untuk menyesuaikan model dengan gaya yang berbeda. Software ini juga memiliki fitur untuk mengimpor data dari format lain, seperti 3DS, DWG, KMZ, JPG, PNG, PSD, TIF, TGA dan sebagainya. Tanpa berpanjang lebar, silakan download  Sketch Up Pro  versi terbaru 2020 v20.1.235 Full Version   melalui link yang disediakan. SketchUp Pro 2020 v20.1.235 Full Version Screenshots : Download : SketchUp Pro 2020 v20.1.235 Installer | Size: 128 MB [ FileUp ] | [ up4ever ] JAMU SketchUp Pro 2020 v20.1.235 Full Version | Size: 14.5 MB [ FileUp ] | [ ...

SCADA

SCADA merupakan singkatan dari Supervisory Control and Data Acquisitio n. SCADA merupakan sebuah sistem yang mengumpulkan informasi atau data-data dari lapangan dan kemudian mengirimkan-nya ke sebuah komputer pusat yang akan mengatur dan mengontrol data-data tersbut. Sistem SCADA tidak hanya digunakan dalam proses-proses industri, misalnya, pabrik baja, pembangkit dan pendistribusian tenaga listrik (konvensional maupun nuklir), pabrik kimia, tetapi juga pada beberapa fasilitas eksperimen seperti fusi nuklir. Dari sudut pandang SCADA, ukuran pabrik atau sistem proses mulai dar 1.000an hingga 10.000an I/O (luara/masukan), namun saat ini sistem SCADA sudah bisa menangani hingga ratusan ribu I/O. Ada banyak bagian dalam sebuah sistem SCADA. Sebuah sistem SCADA biasanya memiliki perangkat keras sinyal untuk memperoleh dan mengirimkan I/O, kontroler, jaringan, antarmuka pengguna dalam bentuk HMI (Human Machine Interface), piranti komunikasi dan beberapa perangkat lunak pendukung. Semua itu...

Persoalan Pokok pada Pembangkit Tenaga Listrik

Pembangkit listrik yang biasa digunakan pada suatu Sistem Tenaga Listrik (STL) terdiri dari pembangkit listrik tenaga air (Hydro plant atau PLTA) dan unit-unit thermal.Pembangkit-pembangkit itu sekarang ini umumnya sudah berhubungan satu dengan yang lainnya, atau yang sering disebut dengan interkoneksi. Setelah beroperasi dalam waktu tertentu, maka dari pembangkit-pembangkit itu ada yang keluar dari sistem interkoneksi dan hal ini disebabkan karena ada unit pembangkit yang rusak dan tentunya perlu diganti atau diperbaiki, kedua karena ada pembangkit yang istirahat untuk keperluan pemeliharaan. Salah satu contoh rencana pemeliharaan unit pembangkit adalah dengan menggunakan metode Levelized Resh dari Gaever . Namun dalam aplikasinya harus dibagi dalam dua kriteria, yaitu pertama unit pembangkit bisa dikeluarkan tanpa adanya penyesuaian. Kedua unit pembangkit yang dikeluarkan harus diatur dalam kurun waktu yang terbatas. Dengan demikian berarti pada waktu tertentu ada unit pembangkit y...

Jenis-jenis Plug dan Socket Listrik

Setelah pada artikel sebelumnya di sini yang membahas mengenai peralatan listrik rumah tinggal, maka artikel kali ini akan membahas lebih detail lagi mengenai satu peralatan instalasi listrik yang digunakan, yaitu plug dan socket. Plug dan socket listrik (dalam bahasa sehari-hari dikenal dengan colokan dan stop-kontak) 2 pin awalnya diciptakan oleh Harvey Hubbell dan dipatenkan pada tahun 1904. Karya Hubbell ini pun menjadi rujukan pembuatan plug dan socket setelahnya dan menjelang tahun 1915 penggunaannya semakin meluas, walaupun pada tahun-tahun 1920an peralatan rumah serta komersial masih menggunakan socket lampu jenis screw-base Edison. Kemudian plug 3 pin diciptakan oleh Albert Büttner pada tahun 1926 dan mendapatkan hak paten dari badan paten jerman (DE 370538), karyanya tersebut dikenal dengan nama "schuko" . Namun ada juga pencipta plug 3 pin ini, yaitu Philip F. Labre, semasa beliau masih menuntut ilmu di Sekolah Kejuruan Milwaukee (MSOE) dan mendapatkan hak paten d...

Autodesk SketchBook Pro 2021 Full Version

BAGAS31 – Sesuai dengan namanya, Autodesk SketchBook Pro 2021 Full Version ini merupakan software digital sketching atau drawing terbaik yang bisa kamu gunakan. Pada versi terbaru kali ini, ada beberapa penambahan fitur yang sangat efektif. Dengan fitur baru tersebut, diharapkan mampu meningkatkan proses sketching maupun drawing kamu. Autodesk SketchBook sendiri sudah bisa kamu dapatkan secara gratis melalui website resminya. Namun untuk kamu yang mau download versi Autodesk Sketchbook Pro, maka bisa langsung download melalui link yang sudah saya sediakan di bawah ini. Download Autodesk SketchBook Pro 2021 Full Version Screenshot: System Requirements: Windows 10 2.5 – 2.9 GHz of Intel or AMD CPU 4 GB of Memory 256 MB Graphics card with OpenGL 2.0 support We recommend that you use a pressure-sensitive tablet and pen for basic features Download: Autodesk SketchBook Pro 2021 Full Version [ FileUp ][ Uptobox ][ UsersDrive ] Jamu Only [ File...